Powered By Blogger

Rabu, 08 Juni 2016

Manfaat Buah Naga

Buah naga super merah (Hylocereus costaricensis) selain dikonsumsi dalam bentuk segar juga diolah menjadi beberapa produk olahan untuk mempermudah mengkonsumsi karena buah naga adalah buah yang mengandung kadar air tinggi maka bersifat muda rusak oleh karena itu banyak orang yang membuat olahan buah naga untuk mengurangi jumlah kerugian, adapun produk olahan yang diminati antara lain dodol, sirup, dan kripik buah naga super merah (Hylocereus costaricensis).
Buah naga yang paling diminati konsumen dewasa ini adalah jenis buah naga super merah (Hylocereus costaricensis) karena buah naga super merah memiliki rasa lebih manis tanpa rasa langu dibanding jenis lainnya dan diyakini lebih berkhasiat untuk kesehatan tubuh dan memiliki warna yang menarik (Anonymous, 2009). Hal ini ditunjang oleh riset yang dilakukan oleh Marhazlina (2008), peneliti Department of Nutrition and Dietetics Faculty of Medicine and Health Sciences Universiti Putra Malaysia yang menyatakan bahwa manfaat buah naga merah berpotensi membantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.
Tanaman buah naga akan tumbuh dengan baik di lahan yang gembur. Hal ini disebabkan perakaran tanaman ini tumbuh merayap di permukaan lahan, namun sebelum digemburkan tanah terlebih dahulu dibersihkan dari gulma dan rerumputan (Kristanto, 2003).
Buah naga merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik. Kandungan nutrisi dalam 100 mg buah naga secara umum. Berdasarkan hasil  penelitian, buah naga merah dan putih mengandung berbagai zat gizi, kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram buah naga masak segar adalah 0,229 g protein; 0,61 g lemak; 6,3 g kalsium; 36,1 mg fosfor; 11,5 g karbohidrat; 0,28 mg vitamin B1; 0,045 mg vitamin B2; 0,43 mg vitamin B3; 9 mg vitamin C dan air 83 g.
Buah naga mengandung serat yang cukup banyak, mencapai 0,7-0,9 gram  per 100 gram. Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Di dalam saluran pencernaan serat akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) dan kemudian dikeluarkan bersama feses. Semakin tinggi konsumsi serat, semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh.
Berikut Adalah Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh Yaitu:
1. Mencegah Kanker
Antioksidan yang terkandung dalam buah naga mampu mencegah penyakit kanker. Caranya ambilah 500 grm buah naga, kemudian diblender sampai halus dan minumlah setiap hari.
2. Menjaga Kesehatan Jantung
Selain berolahraga mengonsumsi buah naga juga membantu menjaga kesehatan jantung kita. Kandungan Vitamin C, B1, B2, dan B3 yang terkandung dalam buah naga mampu menjaga kesehatan jantung kita.
3. Mencegah Diabetes Melitus
Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan berlebihan bisa berakibat terkena diabetesmelitus. Maka dari itu, untuk menjaga terkena penyakit tersebut selain mengatur hidup sehat dan pola makan usahakan mengonsumsi buah naga. Karena didalamnya terdapat zat yang efektif untuk mengurangi kadar gula dalam darah.
4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buah naga mengandung Vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan Vitamin c tersebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Buah naga juga sangat baik dikonsumsi oleh anak dalam masa pertumbuhan.
5. Merawat Kesehatan Kulit
Caranya ambil satu buah naga dan kupas kulitnya, haluskan. Lalu buah naga yang telah diblender dimasukkan kedalam gelas dan ambil airnya dengan sendok usapkan pada wajah. Lakukan secara teratur setiap hari.
Sekilas rasa buah naga seperti buah kiwi, kombinasi antara manis, asam dan segar. kita bisa menyantapnya sebagai buah meja, diolah menjadi puding, isi pai, campuran salad atau es buah. berbagai buah lazim diolah menjadi sirup salah satu hasil olahan buah naga, selain rasanya yang segar, sirup ini mengandung khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. karenanya, produk ini mulai banyak peminatnya.

Formula Bisnis Online 125 x 125

Tidak ada komentar:

Posting Komentar